Info Aktual

Uploaded:


Jurnalis Belia Dari Kaban Jahe



JAKARTA. Ray Putra Sidabutar tiba di Jakarta pada Rabu malam, (26/12). Datang ke ibu kota negara kali ini, merupakan yang ketiga kalinya, bagi jurnalis tv asal Kaban Jahe, Karo, Sumatera utara. "Kali ini saya datang untuk ikut uji kompetensi jurnalis tv di IJTI, " katanya.

 

Menurut lajang, yang masih kuliah di Sastra Inggris, Universitas HKBP Nomensen ini, uji kompetensi sangat dibutuhkan. " Jika sudah dinyatakan kompeten, ini menjadi bukti bahwa profesi saya sudah diakui oleh lembaga resmi, yakni Dewan Pers," katanya menambahkan.

 

Ray, yang baru dua tahun menjadi jurnalis televisi itu,  bersama dua temannya dari CTV,  menjadi peserta Uji Kompetensi Jurnalis Televisi, yang diselenggarakan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) di Hall Dewan Pers Jakarta. Kegiatan yang berlangsung Kami (27/12) diikuti 12 jurnalis televisi dari berbagai kota di Indonesia. "Kami sangat mengapresiasi semangat teman teman jurnalis tv, untuk mengikuti sertifikasi jurnalis televisi," kata Rachmat Hidayat, Kepala Lembaga UKJTV IJTI.

Menurutnya, mereka yang sudah mengikuti proses sertifikasi sudah bisa dipertanggungjawabkan kompetensinya sesuai jenjang yang dipilih.

 

Ketua Umum IJTI, Yadi Hendriana, yang meninjau langsung kegaiatan uji kompetensi itu mengatakan, sertifikasi sudah menjadi keharusan bagi jurnalis televisi, untuk menunjukkan kompetensinya sebagai jurnalis. " Melalui uji kompetensi akan kelihatan mana jurnalis televisi yang profesional dengan jurnalis yang asal asalan," katanya. (rch)