Info Aktual

Uploaded:


PRESS RELEASE : JURNALIS RTV JALANI UJI KOMPETENSI JURNALIS



Jakarta,  Ikaran Jurnalis Televisi Indonesia, Senin (22/5) kembali menggelar Uji Kompetensi Jurnalis Telvisi (UKJ) di Jakarta. Kali ini giliran jurnalis dari RTV. 10 Jurnalis RTV mengikuti UKJ untuk jenjang Jurnalis TV Muda, Madya dan Utama. “Kami sudah lama ingin ikut UKJ, tapi baru kali ini bisa terlaksana” kata Makroen Sanjaya, Wakil Pemimpin Redaksi RTV. UKJ di RTV berlangsung selama dua hari.

 

Kegiatan UKJ TV di RTV dipandu tiga assessor dari IJTI, yakni M Jazuli, Moebanoe Moera dan Irfan Maulana. Para peserta akan melaksanakan tiga uji, yakni observasi, uji tertulis dan interview.“Kami selaku lembaga uji, sangat senang, karena peserta antusias untuk mengikuti UKJ.  Ini menunjukkan, teman teman jurnalis serius untuk meningkatkan kapabilitas dan kompetensi mereka,” kata Jamalul Insan, Ketua Bidang Kompetensi dan Diklat IJTI.

 

Pelaksanaan UKJ dibuka Sekretaris Jenderal IJTI, Indria Purnamahadi. Saat membuka kegiatan Indria berpesan, agar peserta UKJ, bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, “Kami berharap UKJ bisa menghasilkan jurnalis tv yang kompeten, sesuai dengan jenjangnya,” kata Indria.

 

Dalam Peraturan Dewan Pers 1/peraturan-DP/II/2010 tentang Standar Kompetensi Wartawan disebutkan, Uji Kompetensi Wartawan atau Jurnalis bertujuan untuk mengukur standar kompetensi jurnalis dalam meningkatkan kualitas dan profesionalitasnya. Selain itu, UKJ juga bisa dijadikan acuan dalam mengevaluasi kinerja jurnalis oleh perusahaan pers, menjaga harkat dan martabat jurnalis sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual , dan untuk menempatkan jurnalis pada kedududukan strategis dalan industri pers.

 

Sebelumnya, IJTI menggelar UKJ di stasiun televisi Jak TV. Kegiatan yang diikuti 11 peserta uji, dari semua jenjang, berlangsung Kamis – Jumat pekan lalu.  IJTI selaku lembaga sertifikasi untuk jurnalis TV, menargetkan akan mensertifikasi seluruh anggotanya, yang kini mencapai 1700 orang dan tersebar di seluruh provinsi. “Ini menjadi focus kami selaku organisasi profesi, untuk mensertifikasi anggotanya, dan ini menjadi bagian dari program kerja kepengurusan IJTI masa bakti 2017 – 2021 ”, kata Yadi Hendriana, Ketua Umum IJTI. Tidak hanya sebagai lembaga sertifikasi jurnalis TV yang terdaftar di Dewan Pers, IJTI juga sudah resmi menjadi satu satunya lembaga Uji Kompetensi dan Profesi bagi Jurnalis Televisi yang terdaftar di Kementrian Tenaga Kerja.

---

Untuk Informasi lebih lanjut terkait Uji Kompetensi Jurnalis TV

Bisa menghubungi Anggi Widiastuti, Sekretariat IJTI, Gedung Dewan Pers, lantai 5, Jl. Kebon Sirih no.32-34, Jakarta 10110 telp 021-3500774.