Info Aktual

Uploaded:


Lembaga Uji Kompetensi Jurnalis Televisi IJTI Resmi Terdaftar di Kemenaker



(Jakarta) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) terus berupaya meningkatkan kapasitasnya sebagai Lembaga Uji Kompetensi bagi para jurnalis televisi.  Selain telah dipercaya sebagai Lembaga Uji Kompetensi Jurnalis Televisi UKJTV oleh Dewan Pers, IJTI juga telah resmi terdaftar sebagai satu-satunya Lembaga Uji Kompetensi dan Profesi bagi para jurnalis televisi di Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker RI).  Keputusan tersebt tertuang dalam surat keputusan Kementerian Tenaga Kerja No 18/LATTAS/I/2017.

 

Ketua Umum IJTI Yadi Hendriana menyambut gembira atas keluar SK Kementerian Tenaga Kerja tersebut. “Setelah keputusan ini keluar, tugas dan tangungjawab IJTI makin besar dan harus siap menjadi partner pelatihan baik untuk kalangan mahasiswa maupun kalangan video jurnalis yang ingin mengembangkan kemampuan dan profesionalismenya.” Ujar Yadi.

 

Sebagai organisasi profesi IJTI sejak awal memiliki komitmen besar untuk memberikan sumbangsih bagi kalangan jurnalis profesional, mahasiswa dan masyarakat untuk menambah wawasan dan kompetensi di dunina jurnalisme penyiaran. Dengan keluarnya SK Kemenaker semakin mengkuatkan IJTI sebagai lembaga yang bisa melakukan standarisasi kompetensi kerja dalam bidang jurnalistik televisi, setelah pada 2011 lalu dipercaya Dewan Pers sebagai lembaga penguji bagi seluruh jurnalis televisi di Tanah Air.

 

“Kedepan IJTI siap menjadi partner baik bagi universitas, perusahaan atau individu yang concern dalam bidang video jurnalis atau jurnalistik penyiaran.” Tegas Yadi.

 

Uji kompetensi jurnalis merupakan syarat yang harus diikuti bagi para jurnalis untuk dinyatakan sebagai jurnalis yang kompeten. Para jurnalis yang telah mengikuti UKJTV dan dinyatakan kompeten, namanya akan dicantumkan dalam daftar resmi jurnalis profesional di halaman web Dewan Pers.