Info Aktual

Uploaded:


IJTI NTB Gelar IJTI Goes To Campus



(Mataram) Pelatihan Jurnalistik tingkat SMU sederajat se_kota Mataram yang bertema “IJTI Goes To School”  yang diikuti tak kurang dari 60 peserta pelajar yang berasal dari puluhan sekolah Negeri maupun Swasta di kota Mataram berlangsung sukses, (23/10).

 

Pelatihan jurnalistik yang dihelat oleh Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia IJTI NTB ini dibuka secara langsung oleh Plt walikota Mataram, Hj. Putu Selly Handayani dengan metode ‘live skype’  yakni tele conference jarak jauh dari dua tempat berbeda seperti yang akrab dilakukan para jurnalis media elektronik dewasa ini.

 

Turut hadir dalam acara pembukaan sejumlah pejabat SKPD berikut para tamu undangan, seperti Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Mataram yang diwakili oleh Kabid Pemuda dan Olah raga Zarkasi, Direktur Bank NTB, Ditlantas Polda Nusa Tenggara barat,  Kasat Lantas Polres Mataram, Kepala BNN Kota Mataram, Astra Motor, dan Kepala Museum NTB.

 

Dalam sambutannya Plt Walikota Mataram,  berpesan kepada para peserta  pelatihan agar serius mengikuti pelatihan yang baru pertama kali digelar di Kota Mataram tersebut. “ Saya berpesan kepada anak anakku agar serius mengikuti latihan sekaligus menyerap ilmu yang akan diberikan oleh kakak kakak jurnalis IJTI agar bisa menjadi bekal dan keterampilan di kemudian hari” ujar selly yang menyapa peserta dan juga para tamu undangan melalui layar screen yang ada di aula museum Provinsi NTB, tempat pelatihan digelar.

 

Pada hari pertama ini, para peserta diberikan sejumlah materi utama meliputi materi Jurnalistik dasar yang disampaikan oleh Pimpinan Redaksi Selaparang TV Widiyanto. Kemudian dilanjutkan dengan materi dasar presenting dan live report yang dibawakan oleh salah seorang reporter dan presenter TV 9, Afifuddin Adnan yang diikuti antusias dengan ramainya pertanyaan para peserta yang tertarik dengan materi jurnalistik yang disampaikan.

 

Materi terakhir mengenai pengenalan gambar dan teknik dasar mengambil gambar video profesional menggunakan kamera dan handphone yang dipandu langsung Praktisi profesional yang juga ketua Timur Indonesia Cinematography Hamdani.

 

Selain mencoba memperkenalkan juralistik kepada para pelajar SMU, even ini juga digelar untuk memunculkan generasi yang “melek” informasi dan peka terhadap kemajuan teknologi, sekaligus bisa menjadi pelopor generasi muda yang selektif memilih ragam informasi positif, dalam gempuran media sosial (android) yang mulai akrab gunakan sebagai media silaturrahmi dunia maya dewasa ini. (riadi_IJTI News)