Info Aktual

Uploaded:


Santun dan Cerdas di Pemilu



IJTI Kampanyekan Jurnalis TV Mendukung Politik Santun dan Cerdas pada Pemilu 2014

Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) mengkampanyekan “Jurnalis televisi mendukung politik santun dan cerdas menghadapi Pemilu 2014”. Kampanye ini dimulai pada Bulan Jurnalistik Televisi Indonesia (BJTI), Mei 2013. Sepanjan g bulan ini diselenggarakan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan upaya mendorong terciptanya politik santun dan cerdas yang sangat dibutuhkan bagi pembangunan bangsa dan negara.

Tema ini dipilih karena laporan dari para jurnalis televisi di berbagai daerah yang menyatakan kebanyakan prilaku politisi tidak etis dan terdapat indikasi makin tidak etis dalam perebutan di pemilu mendatang. Prilaku tersebut hampir merata terjadi di seluruh Indonesia.

Beberapa jurnalis bahkan melaporkan, politik uang di daerahnya sudah sangat parah. Bila hal ini terus dibiarkan, maka kehidupan bangsa dan negara terancam. Berkembang juga, sikap tidak fair dan merasa benar sendiri yang berujung pada mau menang sendiri, seperti yang mengakibatkan terjadinya penyerangan kantor TVRI di Gorontalo. Kampanye “Jurnalis mendukung politik santun dan cerdas” diharapkan dapat menarik perhatian dan melahirkan kesadaran para politikus atau calon anggota legislatif lebih memikirkan kepentingan masyarakat dibanding ambisi pribadi dan kelompok.

Pada saat yang sama, kampanye ini diharapkan meningkatkan kesadaran para jurnalis televisi mengenai perannya yang sangat stategis dalam ikut menciptakan suasana kehidupan bangsa dan negara yang lebih demokratis, maju, dan sejahtera. Tugas para jurnalis adalah menyampaikan kebenaran bagi kepentingan kehidupan yang lebih baik. Karena itu, melalui Bulan Jurnalistik Televisi 2013, IJTI menyerukan kepada segenap anggota dan seluruh jurnalis televisi untuk selalu memihak pada kebenaran dan mendahulukan kepentingan bangsa dan negara.

Berbagai kegiatan sepanjang Mei 2013, antara lain seminar tentang uji kompetensi jurnalis TV, Penerbutan dan peluncuran buku uji kompetensi jurnalis televisi IJTI, pelaksanaan uji kompetensi jurnalis TV bagi jurnalis TV di Jabotabek, pelatihan peliputan dan interview bidang ekonomi dan perbankan. Selain dilaksanakan di Jakarta, kegiatan BJTI 2013 juga dilaksanakan di seluruh Korda IJTI di Indonesia. Di Bandung, pada tanggal 16 Mei 2013 diselenggarakan “Bandung Kota IJTI” berupa rangkaian acara workshops jurnalis dan presenter tv, bedah buku jurnalistik televisi, dan sebagainya. Kegiatan ini bekerjasama dengan Jurusan Jurnalistik Universitas Pajajaran. Sedangkan di kota-kota lain, Korda IJTI bekerjasama dengan kampus-kampus terkemuka setempat.

Ketua Umum IJTI, Hendriana Yadi, mengharapkan kegiatan BJTI 2013 bermanfaat bagi para jurnalis televisi di seluruh Indonesia, para mahasiswa, akademisi, dan praksisi yang punya minat dalam bidang komunikasi, dan masyarakat luas. BJTI diselenggarakan tiap tahun pada bulan Mei.